Informasi Umum

Perpanjang STNK Artha Gading 2021

cara perpanjang stnk 2021
perpanjang stnk artha gading 2021
Cara perpanjang STNK 2021 di Mal Artha Gading di Era Pandemi COVID 19

Perpanjang STNK di Artha Gading 2021. Kemarin saya datang ke Gerai Samsat Mal Artha Gading untuk memperpanjang STNK mobil saya yang akan habis masa berlakunya pada bulan Maret. Jadi batas kita bisa memperpanjang STNK adalah 1 bulan sebelum masa berlaku STNK kita habis. Oh iya bagi yang belum tahu letak Gerai Samsat Mal Artha Gading, bisa klik di sini yah.

Sebelumnya pada tanggal 11 Februari 2021, saya sudah pernah ke sini, tapi ternyata jadwal berubah. Saya datang jam 13.00, seperti tahun sebelumnya, tapi sudah sepi. Akhirnya saya lihat di jadwal ternyata sudah tutup. Jadwal pada era pandemi COVID 19 adalah sbb:

  • Senin – Kamis: 10.00 – 13.00 (TANPA ISTIRAHAT)
  • Jumat: 10.00 – 13.30 (ISTIRAHAT 11.30 – 13.00)
  • Sabtu: TUTUP
perpanjang stnk artha gading 2021
Jadwal Pelayanan Gerai Samsat Mal Artha Gading 2021 di era Pandemi COVID 19

Maka dari itu kemarin saya putuskan untuk kembali ke Samsat Mal Artha Gading, jadi saya datang jam 10.30. Dan sesampai di sana ternyata ramai. Tapi walaupun ramai semua menjalankan protokol kesehatan memakai masker dan menjaga jarak. Saya meminta formulir kepada petugas Satpam yang ada di dekat pintu masuk. Setelah itu saya mengisi formulir tersebut. Oh iya, persyaratan yang harus dibawa untuk perpanjang STNK adalah:

  • KTP (asli & copy)
  • STNK (asli & copy)
  • BPKB (asli & copy)
  • Uang (cash / kartu ATM)
  • Alat tulis tentunya untuk mengisi formulir
perpanjang stnk artha gading 2021
Formulir Surat Permohonan Registrasi Kendaraan Bermotor (SPRKB)

Setelah saya mengisi formulir, maka saya mulai antri untuk fotocopy, karena saya belum fotocopy persyaratan yang diperlukan. Pada tahap ini saya menunggu cukup lama, ada sekitar 30 menit antrian tidak berjalan sama sekali, karena antrian fotocopy sudah sangat menumpuk. Ternyata akibat dari libur imlek di hari Jumat kemarin dan lanjut dengan weekend, makanya di hari Senin yang datang lebih banyak.

Akhirnya setelah menunggu 30 menit, antrian mulai jalan lagi. Dan atas kebaikan pak petugas yang melihat tumpukan antrian cukup panjang, akhirnya untuk mengurangi resiko penumpukan antria di dalam ruang Samsat, maka pak petugas membantu mendaftarkan ke bagian pendaftaran setelah selesai fotocopy. Jadi kita tidak perlu antri di jalur pendaftaran lagi. Tinggal menunggu panggilan untuk mengambil BPKB asli dan tagihan pajak kendaraan kita saja.

Sekitar 10 menit akhirnya nama saya dipanggil untuk mengambil tagihan. Setelah mengambil tagihan, kita mengunggu lagi untuk giliran membayar pajaknya. Setelah kurang lebih 5-10 menit, nama saya dipanggil untuk melakukan pembayaran pajak yang ditagihkan. Sekarang untuk membayar pajak di Gerai Samsat Mal Artha Gading sudah bisa menggunakan kartu debit (ATM) bank apa saja, KECUALI Maybank dan Bank Permata. Ada biaya tambahan sebesar Rp 6.500.

Karena saya membawa uang cash, jadi saya langsung bayar dikasir. Setelah selesai, kita tinggal menunggu panggilan untuk mengambil STNK kita saja. Sekitar 10 menit, akhirnya nama saya dipanggil untuk mengambil STNK beserta KTP asli. Total waktu yang saya butuhkan sekitar 90 menit, agak lama karena antrian menumpuk setelah libur panjang. Mungkin kalo kondisi tidak setelah libur panjang, bisa 45-60 menit selesai.

Dari sharing saya di atas, maka dapat disimpulkan bahwa cara perpanjang STNK 2021 di Mal Artha Gading adalah sbb:

  1. Siapkan KTP, STNK dan BPKB asli dan copy (jangan lupa bawa alat tulis yah)
  2. Ambil dan isi formulir SPRKB
  3. Serahkan formulir SPRKB yang telah diisi beserta KTP, STNK dan BPKB (asli dan copy)
  4. Ambil tagihan pajak
  5. Bayar pajak
  6. Ambil STNK dan bukti bayar pajak
  7. Selesai

Di bawah ini peta lokasi Mal Artha Gading bagi Anda yang belum pernah ke sini.

Demikian sharing dari saya mengenai perpanjang STNK di Artha Gading 2021, semoga bermanfaat!

Baca juga artikel lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *